Apa Syarat Membuat KTKLN dan di Mana?

  • Posted by unimig on September 5, 2012

KTKLN Apa Syarat Membuat KTKLN dan di Mana?Mau tanya, KTKLN ‘kan wajib, apa saja persyaratannya dan di mana membuatnya? Terima kasih….

JAWAB: Berikut ini syarat-syarat yang perlu Anda siapkan untuk membuat KTKLN.

Syarat membuat KTKLN:

  1. Paspor dan KTP beserta fotokopinya.
  2. Visa kerja, atau re-entry visa bagi TKI cuti.
  3. Bukti pembayaran DP3TKI (Dana Pembinaan Penyelenggaraan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia/Dana Perlindungan) dan asuransi TKI (dapat dibayar di BNP2TKI/BP3TKI) atau ke bank. Minta nomor rekeningnya di kantor BNP2TKI/BP3TKI. DP3TKI sebesar USD 15 dan asuransi TKI sebesar Rp 400.000 bagi yang pertama kali berangkat ke luar negeri, Rp 290.000 bagi yang memperpanjang kontrak selama 2 tahun dan Rp 170.000 bagi yang memperpanjang kontrak 1 tahun.

Persyaratan  di atas berlaku untuk TKI cuti (lebih tepat memperpanjang kontrak sebenarnya). Bila Anda TKI formal dan berangkat tanpa proses yang dilakukan PJTKI/PPTKIS, perlihatkan juga kontrak kerja Anda dengan perusahaan dari Negara penempatan.

Bila Anda adalah TKI cuti, cara lainnya adalah Anda mendatangi PJTKI yang memberangkatkan Anda sebelumnya. Minta bantuan mereka untuk menguruskannya.

Sebelum KTKLN dengan keras diberlakukan oleh BNP2TKI, TKI cuti (baca: TKW penata laksana rumah tangga) yang bermasalah kerap merepotkan PJTKI.

Kasus yang umum adalah seperti ini: usai menghabiskan masa cuti, sang TKI terbang kembali ke negara penempatan tanpa datang ke kantor PJTKI untuk memperpanjang kontrak. Masa berlakunya asuransi sudah usai. Tapi sang TKI tak memperdulikan itu. Ketika sang TKI tertimpa masalah pada masa kontraknya yang kedua, semua pihak akan mengeruduk PJTKI (yang menempatkan sang TKI sebelum cuti), meminta pertanggungjawaban. Padahal bahkan ketika pulang ke tanah air sekalipun PJTKI tak tahu menahu. Hebatnya semua menekan PJTKI untuk membayar ini-itu. Dan hampir pasti kami, pihak PJTKI akan serta merta memenuhinya daripada proses kerja terhambat.

Dengan KTKLN, TKI cuti yang kembali bekerja di negara penempatan bila tertimpa permasalahan akan lebih mudah pengurusannya. Meski tidak lagi memperpanjang KTKLN lewat PJTKI yang semula memberangkatkannya, sang TKI masih bisa dibantu lewat asuransi. Begitulah salah satu fungsi KTKLN.

Bagaimana dengan TKI formal, profesional yang proses penempatannya dilakukan oleh mereka sendiri bukan melalui PJTKI?

Bagi TKI kategori ini permasalahan memang relatif minim. Makanya banyak protes dari mereka sebab pengurusan KTKLN dirasa memberatkan dan menghambat proses penerbangan. Padahal pemerintah dirasa tidak berperan dalam membantu mereka mencari kerja dan proses penempatan mereka. Juga mereka (pada dasarnya kita semua) meragukan kemampuan pemerintah untuk memberi perlindungan terhadap TKI. Sementara TKI dibebankan untuk membayar ini itu.

Saran saya bila TKI kategori ini minta pengecualian, kumpulkan saja suara dan dana untuk memasukkan pengecualian tersebut di dalam UU 39 2004 yang lagi direvisi. Kalau tidak, rasanya sulit menghindar dari persyaratan memiliki KTKLN sebelum terbang.

Tempat Membuat KTKLN

Untuk TKI mandiri, professional dan bekerja di bidang formal, sudah bisa melakukan sistem aplikasi KTKLN secara online. Anda bisa menuju kehttp://ktkln.bnp2tki.go.id/tkiprof.htm untuk memasukkan aplikasi. Sekali lagi ini cuma aplikasi.

Kartunya sendiri bisa diambil di konter pembuatan KTKLN di Terminal 2 (Kedatangan Internasional) Pintu 1 D Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Terminal Kedatangan Internasional Ruang Pelayanan TKI  Konter Pendataan Kepulangan TKI UPT-P3TKI Bandara Juanda Surabaya dengan membawa print our registrasi.

Penting untuk diingat, untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan saya sarankan anda mengurus KTKLN tidak mepet waktu. Beberapa jam sebelum keberangkatan misalnya. Antrian di konter KTKLN Bandara bisa sangat panjang.

KTKLN juga bisa didapat di seluruh kantor Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia  (BP3TKI). Lokasinya sebagai berikut:

1. BP3TKI Banda Aceh
Jl Soekarno Hatta No 17 Banda Aceh 23238
Telp: (0651) 741035
Fax: (0651) 636959

2. BP3TKI Medan
Jl Asrama No: 143 Medan 20126
Telp: (061) 8476659, 8443886
Fax: (061) 8476657

3. BP3TKI Pekanbaru 
Jl Tamansari Gg Tamansari I Kel Tangkerang Selatan Pekanbaru 28125
Telp: (0761) 31374, 37544, 38894, 7079765
Fax: (0761) 34479

4. BP3TKI Tanjung Pinang 
Jl D I Panjaitan Km 9 Kompleks Bintan Center Blok O No: 3 Tanjung Pinang – Kepulauan Riau
Telp: (0771) 7004553 Fax: (0771) 7447250

5. BP3TKI Palembang 
Jl Dwikora II No: 1220 Palembang 30137
Telp/Fax: (0711) 359404, 312062

6. BP3TKI Serang 
Jl Ciwaru Raya Kompleks Depag No: 2 Serang Banten
Telp: (0254) 204970
Fax: (0254) 207963

7. BP3TKI Jakarta 
Jl Pengantin Ali No: 1, Ciracas Jakarta Timur
Telp: (021) 87781840
Fax: (021) 87781841

8. BP3TKI Bandung 
Jl Soekarno Hatta No: 301 Bandung 40234
Telp/Fax: (022) 5204091

9. BP3TKI Semarang 
Jl Kalipepe II /64 Pudak Payung Semarang 50236
Telp: (024) 7475033, 76481772
Fax: (024) 7477273

10. BP3TKI Yogyakarta 
Jl Sambisari No 31  1A Juwangen Purwomartani Kalasan Sleman Yogyakarta Tel. 0274 497403

11. BP2TKI Surabaya 
Jl Jagir Wonokromo No: 358 Surabaya 60244
Telp: (031) 8415858
Fax: (031) 8411445

12. BP3TKI Denpasar Bali 
Jl M. Yamin No 11 Renon, Denpasar – Bali
Telp: (0361) 235560

13. BP3TKI Mataram 
Jl Adi Sucipto N0: 9 Mataram
Telp: (0370) 642240, 633797
Fax: (0370) 639712

14. BP3TKI Pontianak 
Jl Urai Badawi No: 82 B Pontianak
Telp: (0561) 741564
Fax: (0561) 735244

15. BP3TKI Banjar Baru 
Jl Rosela I No: 17 Simapang 4 Sei Ulin Banjarbaru 70714
Telp: (0511) 782352, 4781638
Fax: (0511) 4782352

16. BP3TKI Nunukan 
Jl Tien Soeharto No: 49 Nunukan
Telp: (0556) 21018

17. BP3TKI Makassar 
Jl Taman makam Pahlawan No: 4 Makassar
Telp: (0411) 442322, 425038
Fax: (0411) 425039

18. BP3TKI Manado 
Jl 17 Agustus, Manado
Telp: (0431) 856977
Fax: (0341) 864309

19. BP3TKI Kupang 
Jl Perintis Kemerdekaan I No: 6 Oebufu Kupang
Telp: (0380) 825355
Fax: (0380) 839653

20. LP3TKI Bandar Lampung
Jl. Imam Bonjol No 01 KM 12 Kemiling Lampung Tel. 0721-271568

21. P4TKI Batam
Jl. Puri Industri Park 200 No 1 Tel. 0778-462555

22. P4TKI  Dumai
Jl. Pauh Jaya No 4 Kel. Jaya Mukti Dumai Tel. 0765-37270

23. P4TKI Tanjung Balai Karimun
Jl. Thamrin Tanjung Balai Karimun Tel. 0777-324818

24. P4TKI Parepare
Jl. A Yani Km 7 Pare Pare Tel. 042125737

25. P4TKI Padang
Jl. Raya Padang Bukitinggi KM 21 Ruko Pasar Kasang No 28 Tel. 0751-482313

26. Pos Pelayanan TKI Cilacap
Jl. Brantas No 74 Cilacap Tel. 0282-533250

27. Pos Pelayanan TKI Tangerang
Jl. KH Hasyim Asyari No 36 A Tangerang 021 55792854

Klik LIKE/SUKA Fans Page UNIMIG Indonesia untuk mengikuti info aktual tentang TKI/Buruh Migran di Facebook Anda. Follow juga twitter kami: @unimigindonesia

29 Comments

  • Marwanlubis

    Aug 29, 2014

    Reply

    Kepada yth bpk Bp2tki di surabaya... apa masih berlaku pengurusan ktkln kusus daerah jawa timur..menurut enformasi tf kami dapat didaerah jakata dari awal1sep udah tidak berlaku..mohon penjelasan nya

  • setia abadi

    Jul 22, 2014

    Reply

    Itulah negri kita...kalo ngurus yg ada duitnya pda berebut, coba klo ngrus yg gratis pada malas semua! Para pejabat bangsatttttt semua

  • Ambar sharie

    Jun 29, 2014

    Reply

    Maaf nih kalau pas mau mendekati hari raya , kantor bp3tki tutup g soalnya cuma dapat cuti 2minggu doang menjelang hari raya

  • Uus

    Apr 30, 2014

    Reply

    Ribet

  • Uus

    Apr 30, 2014

    Reply

    Bikin pusing saja

  • winarno

    Apr 21, 2014

    Reply

    Hadeehhhh..... yg buat undang" ktkln tu mafia semua... sama sekali gk ada manfaatnya... klo menyusahkan iya. Yg inilah yg itulah... fungsinya hanya sampai di imigrasi bandara... itupun intinya hanya untuk penghasilan saja...

  • ardiansyah

    Mar 09, 2014

    Reply

    Akur ajalah aku mau cari rezeki..mudah mudahan nanti pemerintah yang baru lebih pro aktif sama rak yat kecil..khusus nya TKI.

  • kiem

    Feb 24, 2014

    Reply

    Saran saya bila TKI kategori ini minta pengecualian, kumpulkan saja suara dan dana untuk memasukkan pengecualian tersebut di dalam UU 39 2004 yang lagi direvis. "Ternyata merevisi UU 39 2004,perlu di danai jg ya...,enek juga ya...uang masuk terus mengalir,heran saya,koq malah menindas kesannya.

  • punkrockmaster

    Jan 23, 2014

    Reply

    Lol people these days only cares about money Pick your balls up off the floor and get a proper job you government dickheads!

  • Praptono

    Dec 21, 2013

    Reply

    Itulah indonesia ku gan, negri yg katanya beradap dan bermoral tp nyatanya birokrasi dan peminpinnya brutal dan biadap. boro2 mikirin tki bg mereka yang penting bgmn caranya dapatkan uang dan senang walau secara terang2an ngerampok uang warganya dgn berbagai cara dan akal busuknya. percuma jg Tuhan ksh mereka hati, mata dan segalanya karna merka sdh tak punya nurani. Yg ada hanya hasrat membara untuk lampiaskan nafsu dan angkara murkanya memeras dan menghisap DARAH warganya bukan hanya tki saja yang menjadi mangsanya. Filosopi mereka "dibikin susah aja msh byk yang mencarinya ngapain dibikin gampang. Biarlah laknat dr yg kuasa saja yg akan di trima nya Kita lht saja akhirnyqa.Jangan berharap pd mrk karna kita yakin Tuhan masih ada gan,t

  • Di la

    Dec 20, 2013

    Reply

    Id yang kita pake itu kan KTP.sedang di luar negeri kita pake passport .gak Ada gunanya juga iTu KtKLN ,cuma rekayasa aja buat dapatin uang dari tKI,sudah susah masih lagi d susahin..tp kalau kita susah di negara kita kerja, mana Ada yg peduli buat kita..basi peraturanya,korupsi mulu

  • chianzoeriii

    Dec 13, 2013

    Reply

    KTKLN ko dibandara mahal banget yaaa sampai ada yang kena 1jt 5rt ......

  • bandoeng

    Dec 06, 2013

    Reply

    Tanpa bantuan bp3tki jg gue udh 10 thn di negri org, tnpa ada masalah sdktpun, justru yg sll bikin aturan mcm2 di negri sendiri.menyedihkn.........

    • chianzoeriii

      Dec 13, 2013

      Reply

      emang kau kerja dimana apa di negara tujuan anda bkerja KTKLN dipertanyakan

  • D'cannabizz Deney

    Nov 11, 2013

    Reply

    Cuma bisa Ngelus dada ..... tki aj ko d peras... Bner" kterlaluan..........!!

  • OPENSEAS

    Oct 04, 2013

    Reply

    Setiap warga negara berhak mendapatkan penghidupan Yang layak TKI salah satu penyumbang devisa negara terbesar TAPI pemerintah CARE Sama TKI? TIDAK Apakah pemerintah senang dengan adanya TKI? Ya karena duitnya banyak KTKLN adalah alat pengontrol tenaga kerja keluar negeri tetapi tidak untuk melindungi Banyak kasus Yang terjadi tapi penyelesaiannya ya Kita sendiri, pemerintah a pa bisa buat NOTHING Dan berkata MAAF. Kata Mereka untuk mengotrol apa Yang dikontrol ? Yang dikontrol hanya berapa uang Yang masuk Dan bukan untuk kepentingan TKI. TKI hanyalah ladang Yang subur untuk diperas Dan dimanfaatkan saja Kalau Pemerintah Care terhadap TKI hapus semua yang memberatkan TKI salah satunya adalah 1. Hapus KTKLN atau paling tidak hapuskan pembiayaan pembuatan KtKLN 2. Hapus Airport Tax untuk TKI Bagi TKI uang untuk keperluan diatas tidak seberapa tetapi dari hat I Yang paling dalam Kit a tidak iklas Karen a tidak ada manfaatnya but TKI lebih baik uang untuk keperluan tersebut kit a lanagsung kasih fakir miskin lebih bermanfaat. UNTUK PEMERINTAH : BERCERMINLAH, LIHAT DAN CONTOH NEGARA PILIPINE YANG SEKUAT TENAGA MELINDUNGI MENGAYOMI WARGANYA YANG BEKERJA DILUAR NEGERI BUKAN MENGAMANKAN UANG YANG MEREKA DAPATKAN, UNTUK SEMUA TKI DISELURUH INDONESIA MARI KITA BERSATU, LAWAN KEBIJAKAN KEBIJAKAN YANG MEMBERATKAN KITA DAN MARI KITA TUNTUT HAK HAK KITA SEBAGAI WARGA NEGARA JANGAN BERDIAM DIRI UNTUK DIPERAS DAN DITINDAS

    • igun

      Jul 24, 2014

      Reply

      Kapan kita bersatu untuk demo masalah KTKLN, sy sudah muak dgn mafia BP2TKi dan KPI kuningan yg jelas2 ga ada fungsinya utk kami pekerja professional.bergabunglah utk buat demo besar2an sekalian agar dihapuskan KTKLN,,,,,,

  • Joshka

    Sep 10, 2013

    Reply

    Ditujukan ke pada pihak pemerintah.pembuatan ktkln sudah dijadikan object untuk me guard uang si pembuat.salah satu contoh.bahwa kita diwajibkan membuat atau memperpanjang ktkln beberapa jam sebelum penerbangan.sementara antrian panjang karena ratusan orang mengantri untuk membuat.disitulah pihak petugas bermain untuk menguras uAng dengan alasan DARIPADA TERTINGGAL PESAWAT"MARI MAS saya bantu pembuatannya dengan membayar 500 ribu..apakah itu bukan menguras uang..suatu saat saya Akan membuat saya Akan membawa alat perekam..Dan saya kirimkan..Saran saya supaya kepengurusan ktkln bisa di buat seminggu sebelum penerbangan dengan membawa Surat kerja..terimakasih

  • agus

    Sep 10, 2013

    Reply

    tki udah susah makin di bikin susah,ktkln ???banyak yg tak tahu,jadi repot ngurusnya

  • acih

    Aug 22, 2013

    Reply

    KTKLN hanya mempersulit,, semuanya rekayasa.. hanya pembodohan ujung2nya uangnya pasti dikorup.oknum2 pemerintah berpikir keras gimana caranya bisa mendapatkan uang secara mudah,praktek dilapangan sangat membingungkan banyak TKI yang mau pulang kebingungan,yang cuti pulang pengen seneng2 malah dibuat pusing oleh KTKLN . nyatanya banyak temen saya yang nggak punya KTKLN bisa masuk bandara tak ada masalah ..ada juga yang nasih uang ke pihak bandara Rp.100 sampai Rp.200 diloloskan,, semuanya pembodohan .. REKAYASA

  • anton susanto

    Aug 17, 2013

    Reply

    KTLN mslh baru bagi para TKI,klw pemerintah care sm warga negaranya hps aja yg namanya KTLN. . . . . . .

  • Reed

    Aug 06, 2013

    Reply

    KTKLN hanya rekayasa, akhir2 ini dikomersilkan utk pihak2 tertentu. Selayaknya kartu ini bagus sebagai catatan tanda pengenal saja dan utk sensus TKI atau Pelaut yg lerja keluar negeri. Tetapi jg hrs diterbitkan pemerintah RI di Bandara Keberangkatan Int'nal dan TIDAK DIPUNGUT BIAYA, krn efektif & efisien bagi Tenaga Kerja (seperti bebas fiskal!). Harusnya semua dipermudah, pihak agensi TKI sebenarnya jg tau diri utk membantu. Kalaupun ada biaya maks Rp.50rb saja utk admin/dll dgn proses pembuatan langsung ditempat maks 30mnt atau Online, begitu jg utk perpanjangan KTKLN. TKI Resmi sendiri sebagai pahlawan Devisa negara, patutnya pemerintah melindungi secara otomatis bila terjadi sesuatu diluar negeri dan utk asuransi, harusnya perusahaan tmp TKI bekerja bs bekerjasama dgn BP3TKI. Jadi itu masuk akal bagi orang sehat. Khusus Pelaut, organisasi KPI (Kesatuan Pelaut Indonesia) sgt tidak masuk akal jg, klu hrs ikut anggota berarti nelayan seluruh nusantara hrs byr jg donk...!!! IN GOD WE TRUST

  • Eva Mitrawati

    Jul 23, 2013

    Reply

    Jika KTKLN wajib seharusnya di permudah dan disetiap konsulat Indonesia di negara penempatan sisediakan, asuranai ini aneh dan terkesan sebagai praktek manipulasi karena TKI sendiri dipersulit ketika mengklaimpun tidak jelas kemana harus mengklaim, ?? Kalo memang BNP2TKI bisa mengkorupsi uang pemerintah dengan alasa KTKLN dan juga menerima upah dari perusahaan asuransi yang telah bekerja sama yah wajar lag mereka ngotot mewajibkan TKI menggunakan KTKLN. Tapi TKI pun juga punya otak untuk berfikir , kenyataanya KTKLN tidak berguna, yang bergina adalah asuransi,,jika asuransi bosa sayabeli di perusahaan yang bisa saya percaya dan mudah mengklainnya, lalu knapa harus bikin KTKLN? Lagi lagi ini PEMBODOHAN.

  • indra

    Jul 01, 2013

    Reply

    ah buktinya barusan diminta rekom dr kabupaten.

  • Arief Budianto

    Jun 17, 2013

    Reply

    Sy TKI Formal yg krj di Perhotelan. Setiap tahun sy Mudik ke Indo dan setiap tahun jg peraturannya gonta ganti. Ketika mengurus KTKLN memang bertelepon tele/ ribet sprti yg diceritakan dan dibayangkan, walau akhirnya lancar. Tapi Sgt iba bila melihat calon TKI n TKW lainnya yg dari pelosok ngurus KTKLN ke kota yg dipersulit dg berbagai macam document yg ujung2nya bs dibayar pake duit. Yg amat aneh dan disayangkan stlh sy dan istri sy memiliki KTKLN ketika check in di AIR PORT tdk ada ada satu org pun petugas BANDARA atau IMIGRASI menanyakan KARTU KTKLN. Jadi seakan membuatnya hanya percuma saja.

  • davian

    Apr 09, 2013

    Reply

    th 2011 saya membikin ktkln yg masa berlakunya kurang lebih 3 th an akan tetapi knp saya baru dengar skrng kalo ktkln berlaku cuman 1 th saja sedang saat ini ktkln saya msh valid smp th 2014, mohon di jelaskan tentang perubahan tersebut. Negara kita memang hebat bikin aturan seperti bikin kacang goreng aja mudah dan nggak stabil alias bobrok...jayalah negeri ini...

  • budi

    Mar 09, 2013

    Reply

    Pengurusan KTKLN katanya free alias gratis, tapi sayang pada prakteknya d lapangan oknum2 pejabatnya malah bekerjasama dengan calo untuk mengambil uang para TKI. klw tidak d jamin urusan bakal d persulit.. belum lagi persyaratannya, harus ada tiket, paspor harus sijil, LG dan kontrak kerja.. klw semua syarat sudah ada, itu tandanya dah deket banget dengan pemberangkatan, dengan waktu yg sempit untuk mengurus, sudah bisa d pastikan, TKI akan mudah d perassssss... .

  • deddy yusuf

    Oct 02, 2012

    Reply

    UU 39 2004 ...HARUS DIRUBAH..!!!...sangat jelas dan sgt disayangkan yg membuat UU itu tdk mengetahui lapangan...hanya teori !!!...sehingga UU tdk link and match dgn kondisi dilapangan......SIA SIA saja. Dengan maksud tdk merendahkan dan membedakan TKI Non Formal dan TKI Formal....memang hrs dibedakan sistim Recruitment dan Pemberangkatannya....AKAN TETAPI TTG PERLINDUNGAN TKI NON FORMAL DAN FORMAL....HARUS SAMA..!!!!. Untuk menjadi bahan Catatan dan Perhatian Pemerintah...khusunya yg berkaitan dgn "KONTRAK KERJA"...antara TKI dan Pengguna baik TKI FORMAL dan NON FORMAL....Pemerintah dlm hal ini institusi yg berkaitan HARUS DILIBATKAN..sbg Fungsi Control bila ada klausal2 kontrak kerja yg merugikan TKI.

    • tiara sekar langit

      Sep 04, 2013

      Reply

      Harus nya KTKLN Di hpus kan sejak mulai Di adakannya karna KTKLN tidak Di gunakan / tidak ada fungsi jg keuntungannya.buat TKW. Justru menghambat n sangat merugikan buat kita yg menjadi sumber dana buat Indonesia.( devisa) tp np kok yg mengurus KTKLN yg jelas sangat merugikan buat kita yg bs memberi....membangun bangsa justru Di rugiin lagi.low kayak gini terus kapan kita merdekanya....

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Google Ads


Count per Day

  • 192862Total reads:
  • 59Reads today:
  • 366Reads yesterday:
  • 1Visitors currently online: