BANTU 2000 KORBAN PHK TKI ARAB SAUDI

saudi 1
Pembekalan Pekerja Migran Korban PHK di Saudi

Dengan dijatuhkannya sanksi kepada Saudi Binladen Group (SBG) selaku kontraktor utama perluasan Masjidil Haram atas insiden jatuhnya crane yang menewaskan ratusan jamaah haji, SBG melakukan PHK massal terhadap pekerja migran yang bekerja pada proyek tersebut.

Per Januari 2016, jumlah PHK massal terhadap pekerja asal Indonesia mencapai 2000 orang lebih, dimana mayoritas dari pekerja ini belum genap 1 tahun bekerja di Saudi Arabia. Korban PHK massal akan dipulangkan ke Indonesia secara bertahap.Saat ini mereka berada di Saudi Arabia tanpa pekerjaan.

SPMI Saudi Arabia (Union Migrant/UNIMIG Indonesia cabang Saudi Arabia) saat ini gencar mendampingi korban PHK massal SBG dengan harapan mendapatkan hak-haknya sebagai pekerja seperti : mendapatkan gaji yang belum dibayarkan, tiket/uang ganti tiket kepulangan ke Indonesia, bonus/pesangon, klaim asuransi di Jasindo atau Mitra TKI. Saat ini sebanyak 500 orang korban PHK telah mendaftar ke SPMI Saudi Arabia untuk meminta pendampingan advokasi, dan jumlah ini terus bertambah.

saudi 3
Penjemputan Di Bandara Soekarno Hatta

Terhitung semenjak Senin, 15 Februari 2016 UNIMIG sudah memulangkan korban PHK ke Tanah air secara bertahap ( Gelombang 1 pada Senin, 15 Februari 2016, membantu memulangkan TKI asal Jawa Tengah, Gelombang 2 , Selasa, 16 Februari 2016, membantu memulangkan TKI asal Jawa Tengah, Jawa Timur dan Makassar). Sebelum di pulangkan ke kota asal masing-masing, TKI ini ditampung di shelter UNIMIG salah satunya yang berada di kantor Pengurus Pusat Pemuda Persatuan Umat Muslim (PP Pemuda PUI). Gelombang ketiga direncanakan pada hari Minggu, 21 Februari 2016, dan akan terus berlanjut hingga semua korban PHK bisa dipulangkan dengan selamat ke tanah air.

saudi 2
Shalter UNIMIG Indonesia di Jakarta

Tetap ikuti Fan Page Unimig Indonesia untuk update informasi pemulangan korban PHK massal ini. Bagi rekan-rekan yang ingin membantu saudara kita yang tertimpa musibah ini, dapat menyalurkan donasinya ke rekening UNIMIG Indonesia.

Koordinator Help Desk UNIMIG Indonesia

Ady Hardi
+62 812-8113-0316
Email : unimig@gmail.com
Web : www.unimig.org
Fb : Unimig Indonesia
Rekening donasi : 
Bank Bukopin Syariah 7710011464
A.n Union Migrant indonesia

Call center SPMI Saudi Arabia :

Kris Abdurrahman
Telp/WA/SMS : +966537044463
Fanpage SPMI Saudi Arabia

*we share because we care*

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*