BNP2TKI : Perkuat Wilayah Perbatasan untuk Lindungi TKI

  • Posted by unimig on December 6, 2012

UNIMIG.ORG – Untuk mencegah terjadinya perdagangan dan penyelundupan orang yang kerapkali terjadi di daerah perbatasan antar dua negara, diperlukan penguatan manajemen wilayah perbatasan. Itulah yang sedang digagas oleh Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI).

“Penguatan manajemen pelayanan penempatan dan perlindungan TKI tidak saja dilakukan di hulu (tempat asal calon TKI/TKI) tetapi juga harus dilakukan di daerah-daerah perbatasan,” kata Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat menjawab wartawan seusai membuka Rapat Koordinasi BNP2TKI Tahun 2012 di Panorama Regency Hotel, Batam, Rabu (5/12/2012).

Jumhur mengatakan, untuk memperkuat manajemen perlindungan TKI di daerah perbatasan antar negara (dengan Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam), BNP2TKI telah melakukan cara “jemput bola”. Yakni dengan mendirikan kantor Pos Pelayanan Penempatan dan Pelindungan TKI (P4TKI), seperti di Aceh Tamiang (Aceh), Tanjung Balai Asahan (Sumatera Utara), Dumai (Riau), Batam (Kepulauan Riau), Parepare (Sulawesi Tengah), Entikong (Kalimantan Barat).

Dikatakannya, pembentukan kantor P4TKI tersebut dimaksudkan untuk mendekatkan pelayanan dengan masyarakat yang ada di daerah-daerah perbatasan.

“Yang diinginkan Pemerintah (BNP2TKI, red.) dengan dibentuknya kantor P4TKI tersebut adalah untuk memberikan perlindungan pada calon TKI/TKI agar mereka nantinya menjadi TKI berdokumen resmi dan prosedural,” katanya.

Jumhur mengatakan, hal lain yang perlu diantisipasi saat ini adalah, adanya penetapan upah minimum daerah yang dinilai kalangan pengusaha cukup tinggi. Dampak yang perlu diantisipasi adalah, adanya rasionalisasi terhadap tenaga kerja atau adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) serta adanya penundaan investasi dari kalangan pengusaha.

“Jika sampai terjadi PHK dimana-mana, maka tidak menutup kemungkinan menjadi TKI merupakan pilihan banyak orang,” Jamhur. (detik.com).*

Klik LIKE/SUKA Fans Page UNIMIG Indonesia untuk mengikuti info aktual tentang TKI/Buruh Migran di Facebook Anda. Follow juga twitter kami: @unimigindonesia

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Google Ads


Count per Day

  • 203534Total reads:
  • 18Reads today:
  • 188Reads yesterday:
  • 1Visitors currently online: