Pemerintah Segera Kirim TKI Lagi ke Arab Saudi

  • Posted by unimig on February 18, 2014
tki 300x150 Pemerintah Segera Kirim TKI Lagi ke Arab Saudi

Ilustrasi: merdeka.com

UNIMIG.ORG — Pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke negara Arab Saudi bakal dibuka lagi. Hal itu menyusul rencana Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi segera menandatangani perjanjian bilateral Memorandum of Understanding (MoU) terkait dengan penempatan dan perlindungan TKI sektor domestik worker.

Artinya, moratorium atau penghentian sementara pengiriman TKI ke negeri Petro Dolar itu bakal segera diakhiri. Rencananya MoU kedua negara tersebut akan ditandatangani di Riyadh, Arab Saudi, pada 19 Februari 2014.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, mengatakan penandatanganan MoU itu selain akan membuka kembali moratorium, juga menjadi tonggak sejarah dalam hal penempatan dan perlindungan TKI di Arab Saudi. Sebab untuk pertama kalinya penandatanganan MoU perlindungan TKI antara Indonesia dengan Arab Saudi dilakukan.

“Ini menjadi awal sejarah baru dalam penempatan dan perlindungan TKI kita di Arab Saudi. Dengan mengantongi perjanjian perlindungan yang selaras dengan Undang-Undang Nomor 39 tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri, TKI kita dapat bekerja kembali di Arab Saudi,” kata Muhaimin Selasa (18/2).

Dalam rangka penandatanganan perjanjian tersebut, delegasi Indonesia yang dipimpin langsung oleh Muhaimin Iskandar berangkat ke Riyadh, Arab Saudi, pada Senin (17/2). Menurut Muhaimin, MoU tersebut akan memberikan kepastian hukum baik bagi pengguna maupun bagi TKI.

Muhaimin berharap penandatanganan MoU itu akan semakin memberikan kepastian hukum bagi TKI di Arab Saudi. Selain itu, penandatanganan perjanjian tersebut sekaligus memberikan kepastian perlindungan bagi TKI yang bekerja pada pengguna jasa. “Kami ingin Arab Saudi memberikan perhatian khusus pada TKI,” kata dia.

Muhaimin menambahkan, perjanjian yang akan ditandatangani dalam waktu dekat tersebut mencakup antara lain penyelesaian masalah hubungan kerja, penyediaan sarana komunikasi dan penyediaan hari libur serta sistem penggajian yang dilakukan melalui jasa perbankan untuk TKI. (merdeka.com).*

Klik LIKE/SUKA Fans Page UNIMIG Indonesia untuk mengikuti info aktual tentang TKI/Buruh Migran di Facebook Anda. Follow juga twitter kami: @unimigindonesia

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Google Ads


Count per Day

  • 192310Total reads:
  • 173Reads today:
  • 287Reads yesterday:
  • 3Visitors currently online: